Selasa, 21 Januari 2014

Alifia Ridianti D

Kata Pengantar

Assalam�mualaiku wr.wb
    Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karuniannya penulis dapat menyelesaikan tugas laporan perjalan study tour ke kota Jogjakarta terpat pada waktu yang ditentukan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat serta Ibu guru dapat menilainya dengan maksimal, akhir kata cukup sekian terimakasih.
    Wasalam�mualaikum wr.wb

Cibinong, 25 April 2013
    Penyusun

Alifia Ridianti D.

DAFTAR ISI

Kata pengantar......................................................................01
    Daftar Isi................................................................................02
    BAB 1....................................................................................03
    BAB 2....................................................................................04
    .....................................................................................05
    .....................................................................................06
    .....................................................................................07
    .....................................................................................08
    BAB 3...................................................................................08

BAB 1
    PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kota Yogyakarta merupakan tempat yang kami kunjungi selama study tour,karena keindahan alam dan keanekaragaman budayannya yang beranekaragam itulah yang menjadi salah satu alasan kami ingin melakukan study tour ini. Di Kota Yogyakarta kami berlibur bersama sekligus belajar serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kekayaan dan keanekaragaman alam dan budaya yang berada di Yogyakarta itu sendiri.

Study tour pada kesempatan kali ini, diadakan dalam rangka mengisi masa liburan UN dan menghilangkan kepenatan setelah berlangsungnya ujian tengah semester.Study tour kali ini hanya diikuti oleh murid kelas VIII SMP Negeri 2 Cibinong, banyak sekali murid yang berantusias mengikuti studybtour pada tahun ini, sehingga peserta yang mengikuti hampir keseluruhan yaitu berjumlah 316 orang.

1.2 Tujuan

Tujuan dari kegiatan study tour tahun 2013-2014 kali ini adalah, dalam rangka mengisi masa liburan UN kelas IX. Serta menghilangkan kepenatan setelah Ujian tengah semester berlangsung. Selain itu, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang wisata alam dan keanekaragaman budaya yang berada di Yogyakarta.Tidak lupa, tujuan study tour tahun ini ialah menambah pengalaman untuk kami berlibur dan belajar bersama di Kota Yogyakarta yang indah dan menawan.

BAB 2

3.) Komite
    4.) Impressa tour

2.2 Peserta Dan Pembina
    Peserta yang mengikuti Study tour tahun 2013-2014 yaitu, terdiri dari murid-murid kelas VII SMP Negeri 2 Cibinong. Serta, bimbingan dari para guru pendamping dan dari kakak pembina dari pihak Impressa tour. Peserta yang mengikuti study tour ini berjumlah 316 orang. Dan beberapa guru pendamping yang berada didalam bus, serta dua orang kakak pembin dari Impressa tour.

2.3 Waktu
    Pelaksanaan study tour tahun ini diadakan pada tanggal 25 April 2013- 29 April 2013. Pemberangkatan dilakukan pada pukul 14.00 wib serta pemulangan dilakukan pada pukul 23.00 wib. Pelakasanaan study tour kali ini kurang lebih dilakukan selama empat hari tiga malam.

2.4 Obyek Wisata
    Obyek wisata yang dikunjungi kami selama berada di Kota Yogyakarta, adalah sebagai berikut :
    1.) Candi Borobudur
    8.) Hotel Tirta Kencana
    9.) Hotel Aston

2.5 Biaya

Biaya yang harus dibayr oleh para siswa siswi untuk mengikuti study tour ke Kota Yogyakarta tahun 2013-2014 yaitu sebesar Rp. 775.000,00. Dan tentunya kami membawa uang saku untuk pergi study tour seperti untuk membayar toilet, oleh-oleh dan keperluan lainnya yang dibutuhkan.

2.6 Perjalanan Dan Hasil Kegiatan

Pada tanggal 25 April 2013 tepatnya pada pukul jam 13:30 wib. Sebelum waktu keberangkatan kami berkumpul di lapangan basket sekolah untuk pembagian kartu peserta dan pembagian bus. Setelah pembagian bus selesai diumumkan kami langsung saja menuju bus yang telah ditentukan. Ketika seluruh murid telah berada di dalam bus mereka yang telah ditetapkan lalu guru pendamping dari masing-masing bus mengabsen kami dengan teliti, setelah seluruh siswa lengkap lalu para kakak pembina dari Impressa tour memperkenalkan dirinya masing-masing, saya mendapat bus nomor tiga, yang didalamnya ada beberapa guru pendamping yaitu Pak Kepala Sekolah, Pak Abuddin, dan Bu Teti. Di Bus tiga kakak pendamping dari Impressa tour yaitu Kak Diana dan Pak Asep, dan ditemani juga oleh pak supir yaitu bernama Pak Ade. Perjalanan cukup menyenangkan kami tertawa, bernyanyi bersama serta berbincang bersama dengan senang hati, sampai pada waktu solat ashar bus kami berhenti sejenak di rest area Cikampek, disana kami tidak berlama-lama kami hanya solat ashar setelah itu kembali meneruskan perjalanan karena waktu yang dibutuhkan lumayan cukup lama untuk dapat sampai di Kota Yogyakarta.

Sore itu nampak mendung dan turun hujan lebat ,AC yang berada didalam bus menjadi sangatlah dingin membawa kami pada hawa kantuk yang berkelanjutan.Tetapi berhubung waktu menjelang senja kami tidak bisa tidur dikarenakan sebentar lagi kami akan solat maghrib yang dilanjutkan dengan makan malam di Rumah makan Markonah.Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Yogyakarta, sempat kami merasa bosan didalam bus namun akhirnya ternyata kakak pembina dari pihak Impressa tour mengadakan games, gamesnya cukuplah menyenangkan dan dapat membuat perut kami terkocok akan lelucon yang tak sengaja dibuat, singkat cerita setelah games itu kami terlelap tidur.Sampai akhirnya ban bus nomor 3 mngalami kesalahan teknis yaitu bocornyan ban belakang sebelah kanan bus di daerah Gombong tepatnya pada tengah malam.Malam itu saat kami sedang terlelap tidur kami terkejut akan ledakan yang cukup membuat kami kaget dan benar ternyata itu suara ban bocor, untung saja ada ban pengganti. Kami turun dari bus dan bermain sebentar diluar untuk berbincang akan tragedi ban bocor ini. Langsung saja setelah ban telah terganti kami melanjutkan perjalanan sampai pada fajar waktu menunjukkan pukul 05.30 wita ,kami sudah berada di Yogyakarta namun kami beristirahat untuk solat di Masjid Agung Yogyakarta untuk melaksanakan solat subuh. Setelah semua siswa selesai melakukan ibadah, kami melanjutkan perjalanan menuju Rumah makan Firdaus yang terletak di Kota Bantul, Yogyakarta. Disana kami mandi, serta sarapan pagi untuk segera menonto konser musik orchestra klasik di SMKN 2 Bantul.

Setelah semua murid telah siap dan rapih kamipun segera menuju ke SMKN 2 Bantul,disana kami disambut dengan ramah tamah dan disajikan musik klasik orchestra nan indah terdengar, syahdu suaranya membuat saya menjadi kantuk, tanpa disadari ternyata konser sudah selesai sayapun terkejut karena saya baru saja mendengar sedikit dan tidak secara keseluruhan, tapi tak mengapa untung teman saya memvideokan konser itu,sehingga saya dapat menonton kembali. Setelah itu dikarenakan pada hari itu adalah hari jumat , berhubung waktu menunjukkan pukul 11:00 kami melangsungkan perjalanan menuju rumah makan yang berada disekat SMKN 2 Bantul,untuk makan siang tidak lupa untuk solat jumat unut laki-laki dan disambung oleh solat dzuhur yang dilakukan oleh perempuan. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Mlioboro.Disana kami diberi waktu sekitar dua jam kurang lebih untuk membeli oleh-oleh di Malioboro, ternyata disana menjual banyak barang-barang yang murah tetapi khas sehingga kamipun menjadi tertarik untuk mmbelinya. Berbagai oleh-oleh kami beli dari makanan,baju,batik,gelang ,kalung serta mainan kami beli untuk buah tangan yang akan diberikan kepada sanak saudara. Perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi pengrajin batik, disana kami membeli beberapa batik dan mencoba membatik dengan baik, selesai dari pengrajin batik karena hari sudah mulai gelap kami melangsungkan perjalanan ke Hotel Tirta Kencana yang berada di Kota Bantul, sesampainnya di hotel Kami langsung checkin dan beristirahat mandi dan langsung melanjutkan kegiatan dengan makan malam di Rumah makan Firdaus.

Selang waktu kemudian, setelah perut kami kenyang kami langsung kembali ke hotel u ntuk istirahat melepas lelah, setelah seharian melakukan kegiatan penuh. Esok harinya kami melanjutkan perjalanan menuju kerato Yogya, benar sekali disana kami melihat barang-barang antik serta unik yang ada sejak zaman dimana masih berdirinya kerajaan yogya, disana kami juga berfoto-foto untuk kenang-kenangan selama berada di Yogya, ya..tentunya banyak sekali gambar yang indah untuk menjadi latar pengambilan foto. Selanjutnya, sehabis dari keraton kami melakukan makan siang yang dilanjutkan dengan solat dzuhur.Setelah itu, Kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur, disana pemandangannya cukup indah namun,panasnya btak bisa kami banyangkan lagi sungguh panas terasa.Terlihat disana banyak candi yang telah rusak,cukup memperihatinkan memang, tetapi kami hanya bisa berdoa dan menjaga warisan kebudayaan Indonesia,yang sekarang ini telah menjadi tujuh keajaiban dunia.

Setelah lelah kami menuju ke bus, tak lupa kami membeli oleh-oleh kembali didekat candi borobudur, karena nampak banyak oleh-oleh yang unik yang tak bisa kami tahan untuk membelinya karena unik dan lucu.Perjalanan dilanjutkan menuju hotel Astro, cukup lama dan memakan waktu yang tidak sedikit, lelah memang tetapi kebahagiaan yang datang dapat menghapuskan rasa lelah itu tanpa Cuma-Cuma.Sesampainya di Hotel Astro kami menuju kamar hotel yang telah ditetapkan dan mulai beristirahat untuk perjalanan esok menuju Obyek wisata Batur Raden.

Sinar mentari nampak terlihat di jendela hotel membuat kami terbangun, dan langsung bersiap untuk sarapan karena kami harus sudah sarapan pada pukul 06:00 wita. Setelah semua siswa telah sarapan, langsung saja kami melanjutkan pergi menuju Batur Raden, disana tertinggal dan terkisah legenda lutung kasarung, dan selain itu tentunya ada air terjun yang bersejarah, tak lupa banyak sekali wisata seperti pertunjukkan 3Dimensi, kolam renang, air terjun, batu besar, sepedah air, flying fox, dan para penjual yang menjajakan dagangan asli dari Batur Raden.Setelah waktu yang telah ditentukan untuk menghabiskan kegiatan disana telah berakhir tepatnya pada pukul 10:00 wita, kami berkumpul di bus untuk melakukan makan siang dan melanjutkan perjalanan pulang menuju Bogor. Singkat cerita, perjalanan menuju pulang kami terhambat karena penilangan bus 3 yang saya tumpangi, tragedi itu membuat peserta study tour yang berada di bus 3 menjadi rama seketika, dan setelah itu terbitlah hening karana tragedi penilangan itu yang tepatnya berada di daerah Brebes. Tapi syukur alhamdulillah, tragedi itu dapat terselesaikan secepatnya. Kami yang berada didalam bus merasa puas dan senang seketika, dan kembali melanjutkan perjalana menuju pulang.Berbagai rest area mungkin telah banayk kami kunjungi karena bus kami banyak sekali melakukan pemberhentian.Haripun nampak gelap dan mulai terlihat bintang bertaburan diangkasa, tubuh kamipun kembali melemah dan istirahat didalam perjalanan karena untuk menghindari pusing dan mual. Malam itu tepatnya saat, keluar dari tol Cibinong kami dibangunkan oleh kakak pembina untuk bersiap pulang, merapikan barang bawaan, supaya tidak ada yang tertinggal, dan menghubungi orang tua masing-masing akan keberadaan kami. Akhirnya bus kami melaju pada pukul 23:00 wib di SMP Negeri 2 Cibinong. Setelah seluruh barang bawaan kami telah rapih dan tidak ada yang tertinggal, kami langsung turun dan bertemu orang tua untuk melepas rasa rindu dan melangsungkan perjalanan menuju rumah masing-masing karena hari yang sudah sangat gelap.

BAB 3

3.1 Kesimpulan
    Perjalanan study tour kali ini menyenangkan, walaupun banyak hambatan dan ketidaknyamanan selama tour ini berlangsung.Namun tour ini tidak akan terlupakan dan menjadi pengalaman yang mahal dan tak dapat dibeli, karena study tour ini dilakukan bersama teman-teman yang lucu dan bersahabat. Serta wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Obyek wisata yang indah dan banyak memakan rasa kekaguman saya terhadap Kota Yogyakarta.

3.2 Saran
    Saran saya adalah, bahwa mungkin pihak panitia sekolah agar dapat memilih agent tour yag lebih baik. Karena, nampak pelayanan dan keteraturan study tour ini kurang baik, dan berjalan sesuai dengan harapan.

BAB II
PEMBAHASAN

Uraian Kegiatan-kegiatan objek yang dikunjungi

A.    Candi Borobudur

Pada pukul 06.30 rombongan kami telah sampai di Borobudur ,Borobudur adalah bangunan umat Budha. Di
-          Sebagai tempat penyimpangan relief (peninggalan-peninggalan yang dianggap suci)
-          Sebagai tanda peringatan dan penghormatan sang Budha dan Sanggha
-          Sebagai lambang suci umat Budha.

India bangunan ini berhubungan dengan ajaran Budha yang disebut stupa. Stupa ialah bangunan yang berbentuk kubah berdiri di atas sebuah lapik dan diberi payung di atasnya. Adapun arti dari pada stupa itu ialah:

Disana kami dijelaskan tentang asal-usul Candi Borobudur oleh Tour guide yang telah ditugaskan untuk memberikan informasi tentang candi Borobudur kepada pengunjung. Dan pada pukul 09.00 kami menuju ke objek berikutnya.

B.    Museum Dirgantara

Museum ini awal mulanya berada di Markas Komando Udara V, di Jl. Tanah Abang  Bukit Jakarta dan telah diresmikan pada tanggal 4 April 1969 oleh Panglima Angkatan Udara Roesmin Noerjadin, namun menilik Yogyakarta mempunyai peranan begitu penting terhadap perkembangan TNI AU terlebih menjadi pusat latihan bagi para taruna Akademi Udara atau kawah candradimuka maka Museum Pusat TNI AU ini dipindahkan ke Yogyakarta digabung dengan Museum Ksatrian  AAU (Akadewmi Angkatan Udara).  Dan pada tanggal 29 juni 1978 bertepatan dengan Peringatan Hari Bhakti TNI AU Museum ini diresmikan oleh Marsekal Ashadi Tjahjadi menjadi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Hanya dengan uang Rp. 3.000 Anda dapat melihat berbagai macam kapal udara. Dan pada pukul 01.00 kami menuju objek berikutnya .

C.    Pantai Parangtritis

Pada pukul 12.00 kami telah sampai di Museum Dirgantara terletak di Jl. Kolonel Sugiyono komplek Landasan Udara Adisutjipto Yogyakarta, 10 km kearah timur dari pusat kota atau sebelah timur jembatan laying janti. Museum ini lebih dikenal dengan nama Museum Dirgantara. Museum ini menempati area seluas kurang lebih 5 Ha dengan luas bangunan sebesar 7.600 m2. Museum ini merupakan museum terbesar dan paling lengkap koleksinya yang mengiungkap sejarah keberadaan TNI AU di Indonesia.

Pada pukul 03.00 kami sampai di Parangtritis, Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.
Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara, Dan se usai itu kami bergegas menuju ke Malioboro.

D.    Malioboro

Malioboro adalah jalan yang dipenuhi oleh pedagang yang menjual buah tangan khas Yogyakarta. Di Malioboro juga banyak menjual barang-barang tradisional seperti Blankon, bait
dan lain-lain. Di Malioboro juga banyak yang menujual makanan khas Yogyakarta yaitu Bapia Patok, gudeg, winko. Brem dan lain-lain. Sehingga kami membawa buah tangan khas Jogyakarta ke Sukabumi. Pedagang Molioboro ini mulai beraktivitas mulai sore hari dan berakhir pada jam 21.30 WIB setelah lewat dari jam itu pedagang Malioboro bergebas untuk menutup ruko atau dagangannya. Jadi apabila kita ingin berbelanja pastikan tidak lebih dari jam 21.30 WIB yaa ☺

BAB III

A.    Kesimpulan

Kegiatan ini sangat berguna bagi siswa-siswi karena dapat dijadikan ajang belajar sambil bermain dan itu lebih mengasikan dari pada siswa-siswi yang terus menerus belajar dikelas yang mau tidak mau harus menguasai materi yang di ajarkan tanpa tau bentuk pengaplikasian nyatanya seperti apa. Banyak sekali informasi dan wawasan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dari program tahunan study tour ini.

B.    Kesan-kesan dan Pesan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Pembukaan

Proses belajar bagi siswa tidak hanya di lakukan di dalam kelas saja tetapi dapat juga di luar kelas agar siswa tidak hanya menguasai materi pelajaran saja tetapi dapat mengaplikasikan  meteri pelajaran secara langsung dilapangan. Apa lagi dengan perkembangan zaman dari waktu kewaktu yang terus berubah. Progam study tour ke Yogyakarta  ini dapat bertujuan  agar siswa siswi mengetahui sejarah serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa siswi khususnya Siswa siswi SMPN 1 ^*(%^*(%@ Kelas VIII.
Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan study tour bagi siswa kelas VIII yaitu :

1.    Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nilai-nilai Religius, Sejarah, Tekhnologi, Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi.
2.    Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
3.    Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
4.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung.
5.    Membangun keakraban antar siswa dan guru.
6.    Menyukseskan progam pemerintah “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu”
Pada tanggal 23 Maret 2013, Pada pukul 21.00 Rombongan bus kami berangkat ke Yogyakarta

B.     Objek Wisata yang dituju

Uraian Kegiatan-kegiatan objek yang dikunjungi

A.    Candi Borobudur

-          Sebagai tanda peringatan dan penghormatan sang Budha dan Sanggha
-          Sebagai lambang suci umat Budha.

B.    Museum Dirgantara

C.    Pantai Parangtritis

D.    Malioboro

BAB III

A.    Kesimpulan

B.    Kesan-kesan dan Pesan

Kesan dan pengalaman yang kita dapatkan selama mengikuti study tour Yogyakarta ini mungkin tak akan pernah bisa dilupakan dan kenangan itu akan menjadi sebuah cerita yang sangat menarik untuk dicerita kan kembali pada saat kita dewasa nanti. Kebersamaan yang sangat terasa pada saat berada diperjalan, dipenginapan pada saat ditempat objek wisata, foto bersama itu semua dapat menambah kekompakan serta rasa kekeluargaan antara siswa/siswi kelas VIII SMPN 1 %*&%$@((). Pesan atau sebuah masukan yang saya ingin sampaikan semoga study tour tahun depan lebih baik lagi mehingga dapat menunculkan kesan yang tidak bisa dilupakan oleh siswa/siswi kelas VIII dan semoga tahun depan acara demi acaranya lebih dapat terkoordinir dengan baik. - See more at: http://ddayipdokumen.blogspot.com/2013/04/contoh-laporan-study-tour.html#sthash.1jUrJpPr.dpuf