Sabtu, 26 Januari 2013

Kurangnya pengetahuan ibu tentang gizi dan bahan makanan

Penyebab kurang gizi pada anak

Setelah mengetahui tanda-tanda kurang gizi pada anak di artikel yang lalu, kini kita akan mengenali pula faktor yang menyebabkan anak kurang gizi. Kurang gizi pada anak tidak selalu semata karena kita tidak memberikan asupan gizi yang cukup sesuai dengan tumbuh kembang anak, namun juga ada beberapa faktor lain yang luput kita perhatikan namun memiliki pengaruh yang besar terhadap kekurangan gizi pada anak. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut. penyebab kurang gizi pada anak

Jarak usia antara anak yang terlalu dekat

Selain karena asupan gizi yang kurang memenuhi standar sesuai dengan tumbuh kembang anak, ada faktor lain yakni jarak kakak dan adik yang terlalu dekat yaitu hanya satu tahun saja. Kedekatan ini menyebabkan perhatian si ibu terhadap kakak tersita akibat adanya si adik. Sehingga hal ini membuat kecenderungan si kakak menjadi anak yang terabaikan. Termasuk masalah asupan gizi, terutama asi. Pada saat seharusnya sang kakak belum berhenti meminum ASI, namun dipaksa berhenti karena kehadiran sang adik. Padahal ASI sangat penting sebagai penunjang gizi untuk pertumbuhan anak kedepannya.

Infeksi atau tertular penyakit

Faktor lain yang menyebabkan anak kekurangan gizi adalah adanya infeksi dan penyakit yang ditularkan. Anak-anak biasanya mudah tertular penyakit serta sering mengalami infeksi yang umumnya dikarenakan kegiatannya yang sangat aktif dan di tempat yang sembarangan. Meskipun makanan yang anda berikan bergizi, namun jika anak anda tertular penyakit, maka bisa saja anak anda menjadi kurang gizi.

Kebersihan lingkungan yang tidak terjaga

Lingkungan yang kurang bersih berpengaruh terhadap kekurangan gizi pada anak. Lingkungan yang kotor identik dengan keadaan yang tidak sehat seperti sampah berserakan, peralatan makan dan mainan yang terkontaminasi. Anak akan mudah sakit-sakitan jika berada dalam lingkungan yang kotor. Anak yang sakit susah untuk berkembang dan mendapatkan cukup gizi, meskipun asupan makanannya sudah baik.

Cacingan pada anak-anak

Penyebab lain kurangnya gizi adalah cacingan. Cacingan adalah adanya cacing parasit yang tumbuh dan berkembang di dalam tubuh anak. Jika anak anda sudah makan banyak namun berat badannya tidak naik atau justru berkurang, lebih baik anda coba memberikan obat cacing padanya. Anak-anak yang suka main diluar, memiliki resiko terkena cacingan lebih besar. Namun bukan berarti anda harus melarang anak anda bermain diluar karena hal tesebut bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Kurangnya pengetahuan ibu tentang gizi dan bahan makanan

Seorang ibu harus bisa memberikan asupan makanan yang cukup bergizi pada anak. Pengetahuan ibu tentang kandungan bahan makanan dan cara mengolah makanan yang benar menentukan apakah anaknya kurang gizi atau tidak. Banyak ibu yang menganggap bahwa makanan yang bergizi itu harus mahal. Padahal tidak demikian, banyak makanan yang bergizi bisa didapat dengan harga murah seperti tempe dan tahu. Oleh karena itu terkadang anak yang kurang gizi bukan karena orang tua tidak mampu menyediakan makanan bergizi, namun juga lebih pada karena ketidaktahuan orang tua tentang bahan makanan dan kandungannnya.
Seringnya lagi orang tua hanya menuruti apa yang anak ingin makan, padahal belum tentu itu baik bagi kesehatannya dan belum tentu pula gizinya cukup. Kombinasikan bahan makanan bergizi secara variatif setiap hari supaya anak tidak bosan dan tetap mau makan. Orang tua juga harus bisa memberikan pengertian dengan cara yang cerdas kepada anak tentang pentingnya makanan yang mengandung gizi bagi perkembangan mereka. Dengan begitu anak-anak dengan senang hati memakan makanan yang bergizi. (abi)

Kekurangan gizi - apa adalah kekurangan gizi?

Oleh Dr Ananya Mandal, MD


Kekurangan gizi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada kekurangan nutrisi penting tertentu dalam seseorang diet. Kekurangan gagal untuk memenuhi tuntutan tubuh yang menyebabkan efek pada pertumbuhan, kesehatan fisik, suasana hati, perilaku dan fungsi-fungsi lain dari tubuh. Kekurangan gizi umumnya mempengaruhi anak-anak dan orang tua.



Kekurangan gizi juga memerlukan kondisi di mana makanan tidak berisi keseimbangan yang tepat nutrisi. Ini mungkin berarti tinggi kalori diet tapi kekurangan vitamin dan mineral. Kelompok ini kedua individu mungkin kelebihan berat badan atau obesitas tetapi masih dianggap kurang gizi. Dengan demikian menjadi kekurangan gizi tidak selalu berarti bahwa orang kekurangan berat badan atau tipis. (1-4)

Yang adalah beresiko kekurangan gizi?

Kekurangan gizi mempengaruhi semua kelompok usia tetapi lebih umum di negara-negara berkembang dan di antara anak-anak, orang tua dan wanita hamil. Di Britania Raya, 2 juta orang ditemukan untuk menjadi kekurangan gizi di 2009 dan lebih lanjut 3 juta orang ditemukan berada pada risiko menjadi kekurangan gizi. Seperempat dari semua penerimaan di Inggris adalah karena kekurangan gizi.
Mereka pada risiko yang lebih tinggi tua lebih dari 65, terutama jika mereka tinggal di fasilitas perawatan, orang-orang dengan panjang istilah penyakit kronis seperti orang-orang dari hati atau ginjal, orang-orang dengan kanker atau infeksi melemahkan lain seperti AIDS dan orang-orang yang penyalahgunaan obat atau pecandu alkohol. Kekurangan gizi umum di antara pendapatan rendah dan kelompok tunawisma.
Kekurangan gizi di seluruh dunia ditemukan terpenting penyebab penyakit dan kematian yang mempengaruhi populasi besar anak-anak dan wanita hamil. Kekurangan gizi membunuh 300.000 orang di seluruh dunia setiap tahun dan bertanggung jawab untuk sekitar setengah dari semua kematian pada anak-anak dan ini menimbulkan risiko infeksi dengan diare, malaria, campak dan infeksi saluran pernafasan pada anak-anak.
Menurut organisasi kesehatan dunia, 2015 prevalensi kekurangan gizi seluruh dunia akan 17,6% dan jumlah penduduk kurang gizi akan dari negara-negara berkembang di Asia Selatan dan sub-Sahara Afrika. Selain 29% akan terhambat pertumbuhan karena gizi buruk.

Gejala dari kekurangan gizi

Gejala yang paling umum dari kekurangan gizi adalah penurunan berat badan. Sebagai contoh, orang-orang yang kehilangan hingga 10% dari berat badan mereka dalam 3 bulan tanpa diet dianggap kurang gizi. Mungkin ada gejala seperti kelelahan, kekurangan energi, kurangnya kekuatan, breathlessness, anemia, perubahan kulit, rambut dan kuku dll pada orang dewasa dengan kekurangan gizi.
Anak-anak dengan kekurangan gizi Selain itu menunjukkan lekas marah, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, kegagalan untuk tumbuh tinggi diharapkan, terhambat pertumbuhan dll.

Diagnosis kekurangan gizi

Diagnosis kekurangan gizi dilakukan secara klinis dengan memeriksa pasien. Selain BMI atau body mass index (berat dalam kg lebih tinggi dalam meter persegi-berat/tinggi (dalam m)2) dan pertengahan lengan lingkar.
Orang-orang dengan BMI kurang dari 18,5 perlu melihat mereka penyedia perawatan kesehatan untuk penilaian kekurangan gizi. Anak-anak dengan pertumbuhan atau stunting perlu dinilai juga tanda-tanda kekurangan gizi. Tes diagnostik lainnya termasuk tes darah rutin untuk deteksi anemia, infeksi kronis dll.

Perlakuan terhadap kekurangan gizi

Bagi mereka yang dapat makan normal, perlakuan terhadap kekurangan gizi memerlukan menyediakan rencana diet dengan konten ekstra gizi. Rencana diet perlu dibuat seimbang sehingga memungkinkan untuk berat badan bersama dengan penyediaan vitamin dan mineral.
Bagi mereka yang tidak bisa makan biasanya tabung dapat digunakan untuk memberikan nutrisi langsung ke sistem pencernaan atau nutrisi tersedia sebagai persiapan disuntikkan bisa diresapi langsung ke salah satu pembuluh darah.

Rabu, 02 Januari 2013

Manga 'C3-bu' akan dibuat anime





Berdasarkan cover PR pada volume pertama, manga "Tokurei Sochi Dantai Stella Jogakuin Kotoka C3-bu" akan dibuat TV-Anime.

Manga ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari di sekolah para gadis di klub Airsoft mereka.

Seri Monogatari season 2 akan diluncurkan 2013





Berdasarkan pengumuman dari Website Resmi , 6 Novel Karangan Nisio Ishin, Monogatari Series: Second Season akan dianimasikan di tahun 2013.

Lihat website resmi untuk lihat trailer. :)

Rabu, 28 November 2012

Candi Arjuna


Candi Arjuna
Candi Arjuna side view.jpg
Sudut timur laut Candi Arjuna
Candi Arjuna terletak di Jawa
Lokasi dalam Topografi Jawa
Informasi bangunan
Lokasi Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
Negara Indonesia
Koordinat 7°12′18″S 109°54′25″E / 7.2050892°LS 109.9068403°BT / -7.2050892; 109.9068403Koordinat: 7°12′18″S 109°54′25″E / 7.2050892°LS 109.9068403°BT / -7.2050892; 109.9068403
Penyelesaian 809
Jenis Candi Jawa Tengahan
Candi Arjuna adalah sebuah bangunan candi Hindu yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

 Deskripsi

Candi Arjuna merupakan salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Di kompleks ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut. Sementara itu, Candi Semar adalah candi perwara atau pelengkap dari Candi Arjuna. Kedua bangunan candi ini saling berhadapan.
Seperti umumnya candi-candi di Dieng, masyarakat memberikan nama tokoh pewayangan Mahabarata sebagai nama candi.

Arsitektur

Candi Arjuna berukuran 6 x 6 m dan menghadap ke arah barat. Pada pintu masuk dan relung-relungnya dihiasi kala makara. Atap candi berjenjang dengan menara-menara kecil di setiap sudut. Ditemukannya prasasti berangka tahun 731 Caka (809 M) di dekat Candi Arjuna dapat menjadi petunjuk pembangunan candi sekitar awal abad IX M. [1]

Pemeliharaan dan Pemanfaatan

Lingkungan sekitar candi juga kurang mendukung pemeliharaan. Lahannya sudah lama digarap penduduk untuk lahan pertanian tanaman kentang, sayur-mayur, dan bunga-bungaan.
Mulai tahun 2010 kompleks Candi Arjuna mulai digunakan untuk pengembangan wisata yang dikemas oleh Dinas Pariwisata Banjarnegara dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Mereka menyelenggarakan acara budaya tahunan yang telah dikenal dengan nama DCF (Dieng Culture Festival).

Candi Gedong Songo


Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.
Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).
Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C)
Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.


Candi Sewu

Kompleks Candi Sewu (Manjusrigrha)
Sewu Temple.jpg
Candi utama di tengah kompleks Candi Sewu


Lokasi dalam Indonesia
Informasi bangunan
Lokasi Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Negara Indonesia
Koordinat 7°44′37″S 110°29′37″E / 7.7435°LS 110.4935°BT / -7.7435; 110.4935Koordinat: 7°44′37″S 110°29′37″E / 7.7435°LS 110.4935°BT / -7.7435; 110.4935
Klien Syailendra
Penyelesaian sekitar 782 Masehi
Sistem struktural candi dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci
Jenis candi
Ukuran luas dasar 185 meter utara-selatan dan 165 meter timur-barat, tinggi candi utama 30 meter
Kompleks Candi Sewu, tampak candi utama di sebelah kiri dan salah satu candi penjuru atau perwara utama di sebelah kanan
Candi Sewu adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 yang berjarak hanya delapan ratus meter di sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Prambanan. Meskipun aslinya terdapat 249 candi, oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan "Sewu" yang berarti seribu dalam bahasa Jawa. Penamaan ini berdasarkan kisah legenda Loro Jonggrang.
Secara administratif, kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah.

Sejarah

Salah satu dari candi penjuru di Candi Sewu
Berdasarkan prasasti yang berangka tahun 792 dan ditemukan pada tahun 1960, nama asli bangunan ini adalah “Manjus’ri grha” (Rumah Manjusri). Manjusri adalah salah satu Boddhisatwa dalam ajaran buddha. Candi Sewu diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi pada akhir masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran (746 – 784) adalah raja yang termahsyur dari kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi ini mungkin dipugar, diperluas, dan rampung pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, seorang pangeran dari dinasti Sanjaya yang menikahi Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra. Setelah dinasti Sanjaya berkuasa rakyatnya tetap menganut agama sebelumnya. Adanya candi Sewu yang bercorak buddha berdampingan dengan candi Prambanan yang bercorak hindu menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu di Jawa umat Hindu dan Buddha hidup secara harmonis dan adanya toleransi beragama. Karena keagungan dan luasnya kompleks candi ini, candi Sewu diduga merupakan Candi Buddha Kerajaan, sekaligus pusat kegiatan agama buddha yang penting di masa lalu. Candi ini terletak di lembah Prambanan yang membentang dari lereng selatan gunung Merapi di utara hingga pegunungan Sewu di selatan, di sekitar perbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di lembah ini tersebar candi-candi dan situs purbakala yang berjarak hanya beberapa ratus meter satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan kawasan penting artinya dalam sektor keagamaan, politik, dan kehidupan urban masyarakat Jawa kuna.
Candi ini rusak parah akibat gempa pada bulan Mei 2006 di Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. Kerusakan struktur bangunan sangat nyata dan candi utama menderita kerusakan paling parah. Pecahan bebatuan berserakan di atas tanah, retakan dan rekahan antar sambungan batu terlihat. Untuk mencegah keruntuhan bangunan, kerangka besi dipasang di keempat sudut bangunan untuk menunjang dan menahan tubuh candi utama. Meskipun situs dibuka kembali untuk pengunjung beberapa pekan kemudian setelah gempa pada tahun 2006, seluruh bagian candi utama tetap ditutup dan tidak boleh dimasuki demi alasan keamanan.

Kompleks candi

Kompleks Candi Sewu dilihat dari udara membentuk pola Mandala
Kompleks candi Sewu adalah kumpulan candi Buddha terbesar di kawasan sekitar Prambanan, dengan bentang ukuran lahan 185 meter utara-selatan dan 165 meter timur-barat. Pintu masuk kompleks dapat ditemukan di keempat penjuru mata angin, tetapi mencermati susunan bangunannya, diketahui pintu utama terletak di sisi timur. Tiap pintu masuk dikawal oleh sepasang arca Dwarapala. Arca raksasa penjaga berukuran tinggi sekitar 2 meter ini dalam kondisi yang cukup baik, dan replikanya dapat ditemukan di Keraton Yogyakarta.
Aslinya terdapat 249 bangunan candi di kompleks ini yang disusun membentuk mandala, perwujudan alam semesta dalam kosmologi Buddha Mahayana. Selain satu candi utama yang terbesar, pada bentangan poros tengah, utara-selatan dan timur-barat, pada jarak 200 meter satu sama lain, antara baris ke-2 dan ke-3 candi Perwara (pengawal) kecil terdapat 8 Candi Penjuru atau disebut juga Candi Perwara Utama, candi-candi ini ukurannya kedua terbesar setelah candi utama. Aslinya di setiap penjuru mata angin terdapat masing-masing sepasang candi penjuru yang saling berhadapan, tetapi kini hanya candi penjuru kembar timur dan satu candi penjuru utara yang masih utuh.
Candi perwara (pengawal) yang berukuran lebih kecil aslinya terdiri atas 240 buah dengan disain yang hampir serupa dan tersusun atas empat barisan yang konsentris. Dilihat dari bagian terdalam (tengah), baris pertama terdiri atas 28 candi, dan baris kedua terdiri atas 44 candi yang tersusun dengan interval jarak tertentu. Dua barisan terluar, baris ketiga terdiri dari 80 candi, sedangkan baris keempat yang terluar terdiri atas 88 candi-candi kecil yang disusun berdekatan. Beberapa candi perwara ini telah dipugar dan berdiri, sedangkan sebagian besar lainnya masih berupa batu-batu berserakan.
Dari keempat baris candi perwara ini, baris keempat (terluar) memiliki rancang bentuk yang serupa dengan baris pertama (terdalam), yaitu pada bagian penampang gawang pintunya, sedangkan baris kedua dan ketiga memiliki rancang bentuk yang lebih tinggi dengan gawang pintu yang berbeda. Banyak patung dan ornamen yang telah hilang dan susunannya telah berubah. Arca-arca buddha yang dulu mengisi candi-candi ini mengkin serupa dengan arca buddha di Borobudur.[1].
Candi-candi yang lebih kecil ini mengelilingi candi utama yang paling besar tapi beberapa bagiannya sudah tidak utuh lagi. Di balik barisan ke-4 candi kecil terdapat pelataran beralas batu dan ditengahnya berdiri candi utama.

Candi utama

Candi utama memiliki denah poligon bersudut 20 yang menyerupai salib atau silang yang berdiameter 29 meter dan tinggi bangunan mencapai 30 meter. Pada tiap penjuru mata angin terdapat struktur bangunan yang menjorok ke luar, masing-masing dengan tangga dan ruangan tersendiri dan dimahkotai susunan stupa. Seluruh bangunan terbuat dari batu andesit. Ruangan di empat penjuru mata angin ini saling terhubungkan oleh galeri sudut berpagar langkan. Berdasarkan temuan pada saat pemugaran, diperkirakan rancangan awal bangunan hanya berupa candi utama berkamar tunggal. Candi ini kemudian diperluas dengan menambahkan struktur tambahan di sekelilingnya. Pintu dibuat untuk menghubungkan bangunan tambahan dengan candi utama dan menciptakan bangunan candi utama dengan lima ruang. Ruangan utama di tengah lebih besar dengan atap yang lebih tinggi, dan dapat dimasuki melalui ruang timur. Kini tidak terdapat patung di kelima ruangan ini.[2]. Akan tetapi berdasarkan adanya landasan atau singgasana batu berukir teratai di ruangan utama, diduga dahulu dalam ruangan ini terdapat arca buddha dari bahan perunggu yang tingginya mencapai 4 meter. Akan tetapi kini arca itu telah hilang, mungkin telah dijarah untuk mengambil logamnya sejak berabad-abad lalu.

Candi Sukuh

 adalah sebuah kompleks candi agama Hindu yang secara administrasi terletak di wilayah kelurahan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini dikategorikan sebagai candi Hindu karena ditemukannya obyek pujaan lingga dan yoni. Candi ini digolongkan kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena banyaknya obyek-obyek lingga dan yoni yang melambangkan seksualitas. Candi Sukuh telah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.

Sejarah singkat penemuan

Situs candi Sukuh dilaporkan pertama kali pada masa pemerintahan Britania Raya di tanah Jawa pada tahun 1815 oleh Johnson, Residen Surakarta. Johnson kala itu ditugasi oleh Thomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan data-data guna menulis bukunya The History of Java. Setelah masa pemerintahan Britania Raya berlalu, pada tahun 1842, Van der Vlis, arkeolog Belanda, melakukan penelitian. Pemugaran pertama dimulai pada tahun 1928.

[sunting] Lokasi candi

Lokasi candi Sukuh terletak di lereng kaki Gunung Lawu pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut pada koordinat 07o37, 38’ 85’’ Lintang Selatan dan 111o07,. 52’65’’ Bujur Barat. Candi ini terletak di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Karanganyar dan 36 kilometer dari Surakarta.

Struktur bangunan candi

Denah candi Sukuh.
Bangunan candi Sukuh memberikan kesan kesederhanaan yang mencolok pada para pengunjung. Kesan yang didapatkan dari candi ini sungguh berbeda dengan yang didapatkan dari candi-candi besar di Jawa Tengah lainnya yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Bentuk bangunan candi Sukuh cenderung mirip dengan peninggalan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru. Struktur ini juga mengingatkan para pengunjung akan bentuk-bentuk piramida di Mesir.
Kesan kesederhanaan ini menarik perhatian arkeolog termashyur Belanda, W.F. Stutterheim, pada tahun 1930. Ia mencoba menjelaskannya dengan memberikan tiga argumen. Pertama, kemungkinan pemahat Candi Sukuh bukan seorang tukang batu melainkan tukang kayu dari desa dan bukan dari kalangan keraton. Kedua, candi dibuat dengan agak tergesa-gesa sehingga kurang rapi. Ketiga, keadaan politik kala itu dengan menjelang keruntuhan Majapahit, tidak memungkinkan untuk membuat candi yang besar dan megah.
Para pengunjung yang memasuki pintu utama lalu memasuki gapura terbesar akan melihat bentuk arsitektur khas bahwa ini tidak disusun tegak lurus namun agak miring, berbentuk trapesium dengan atap di atasnya.
Batu-batuan di candi ini berwarna agak kemerahan, sebab batu-batu yang dipakai adalah jenis andesit.

[sunting] Teras pertama candi

Gapura utama candi Sukuh.
Pada teras pertama terdapat gapura utama. Pada gapura ini ada sebuah sangkala dalam bahasa Jawa yang berbunyi gapura buta abara wong. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Gapura sang raksasa memangsa manusia”. Kata-kata ini memiliki makna 9, 5, 3, dan 1. Jika dibalik maka didapatkan tahun 1359 Saka atau tahun 1437 Masehi.

Teras kedua candi

Gapura pada teras kedua sudah rusak. Di kanan dan kiri gapura yang biasanya terdapat patung penjaga pintu atau dwarapala, didapati pula, namun dalam keadaan rusak dan sudah tidak jelas bentuknya lagi. Gapura sudah tidak beratap dan pada teras ini tidak dijumpai banyak patung-patung. Namun pada gapura ini terdapat sebuah candrasangkala pula dalam bahasa Jawa yang berbunyi gajah wiku anahut buntut. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Gajah pendeta menggigit ekor”. Kata-kata ini memiliki makna 8, 7, 3, dan 1. Jika dibalik maka didapatkan tahun 1378 Saka atau tahun 1456 Masehi. Jadi jika bilangan ini benar, maka ada selisih hampir duapuluh tahun dengan gapura di teras pertama!

Teras ketiga candi

Pada teras ketiga ini terdapat pelataran besar dengan candi induk dan beberapa relief di sebelah kiri serta patung-patung di sebelah kanan. Jika para pengunjung ingin mendatangi candi induk yang suci ini, maka batuan berundak yang relatif lebih tinggi daripada batu berundak sebelumnya harus dilalui. Selain itu lorongnya juga sempit. Konon arsitektur ini sengaja dibuat demikian. Sebab candi induk yang mirip dengan bentuk vagina ini, menurut beberapa pakar memang dibuat untuk mengetes keperawanan para gadis. Menurut cerita, jika seorang gadis yang masih perawan mendakinya, maka selaput daranya akan robek dan berdarah. Namun apabila ia tidak perawan lagi, maka ketika melangkahi batu undak ini, kain yang dipakainya akan robek dan terlepas.
Tepat di atas candi utama di bagian tengah terdapat sebuah bujur sangkar yang kelihatannya merupakan tempat menaruh sesajian. Di sini terdapat bekas-bekas kemenyan, dupa dan hio yang dibakar, sehingga terlihat masih sering dipergunakan untuk bersembahyang.
Kemudian pada bagian kiri candi induk terdapat serangkaian relief-relief yang merupakan mitologi utama Candi Sukuh dan telah diidentifikasi sebagai relief cerita Kidung Sudamala. Urutan reliefnya adalah sebagai berikut.

Relief pertama

Relief pertama.
Di bagian kiri dilukiskan sang Sahadewa atau Sadewa, saudara kembar Nakula dan merupakan yang termuda dari para Pandawa Lima. Kedua-duanya adalah putra Prabu Pandu dari Dewi Madrim, istrinya yang kedua. Madrim meninggal dunia ketika Nakula dan Sadewa masih kecil dan keduanya diasuh oleh Dewi Kunti, istri utama Pandu. Dewi Kunti lalu mengasuh mereka bersama ketiga anaknya dari Pandu: Yudhistira, Bima dan Arjuna. Relief ini menggambarkan Sadewa yang sedang berjongkok dan diikuti oleh seorang punakawan atau pengiring. Berhadapan dengan Sadewa terlihatlah seorang tokoh wanita yaitu Dewi Durga yang juga disertai seorang punakawan.

Relief kedua

Relief kedua.
Pada relief kedua ini dipahat gambar Dewi Durga yang telah berubah menjadi seorang raksasi (raksasa wanita) yang berwajah mengerikan. Dua orang raksasa mengerikan; Kalantaka dan Kalañjaya menyertai Batari Durga yang sedang murka dan mengancam akan membunuh Sadewa. Kalantaka dan Kalañjaya adalah jelmaan bidadara yang dikutuk karena tidak menghormati Dewa sehingga harus terlahir sebagai raksasa berwajah buruk. Sadewa terikat pada sebuah pohon dan diancam dibunuh dengan pedang karena tidak mau membebaskan Durga. Di belakangnya terlihat antara lain ada Semar. Terlihat wujud hantu yang melayang-layang dan di atas pohon sebelah kanan ada dua ekor burung hantu. Lukisan mengerikan ini kelihatannya ini merupakan lukisan di hutan Setra Gandamayu (Gandamayit) tempat pembuangan para dewa yang diusir dari sorga karena pelanggaran.

Relief ketiga

Relief ketiga.
Pada bagian ini digambarkan bagaimana Sadewa bersama punakawannya, Semar berhadapan dengan pertapa buta bernama Tambrapetra dan putrinya Ni Padapa di pertapaan Prangalas. Sadewa akan menyembuhkannya dari kebutaannya.

Relief keempat

Relief keempat.
Adegan di sebuah taman indah di mana sang Sadewa sedang bercengkerama dengan Tambrapetra dan putrinya Ni Padapa serta seorang punakawan di pertapaan Prangalas. Tambrapetra berterima kasih dan memberikan putrinya kepada Sadewa untuk dinikahinya.

[sunting] Relief kelima

Lukisan ini merupakan adegan adu kekuatan antara Bima dan kedua raksasa Kalantaka dan Kalañjaya. Bima dengan kekuatannya yang luar biasa sedang mengangkat kedua raksasa tersebut untuk dibunuh dengan kuku pañcanakanya.Patung-patung sang Garuda

Prasasti sukuh.
Lalu pada bagian kanan terdapat dua buah patung Garuda yang merupakan bagian dari cerita pencarian tirta amerta (air kehidupan) yang terdapat dalam kitab Adiparwa, kitab pertama Mahabharata. Pada bagian ekor sang Garuda terdapat sebuah prasasti.
Kemudian sebagai bagian dari kisah pencarian amerta tersebut di bagian ini terdapat pula tiga patung kura-kura yang melambangkan bumi dan penjelmaan Dewa Wisnu. Bentuk kura-kura ini menyerupai meja dan ada kemungkinan memang didesain sebagai tempat menaruh sesajian. Sebuah piramida yang puncaknya terpotong melambangkan Gunung Mandaragiri yang diambil puncaknya untuk mengaduk-aduk lautan mencari tirta amerta.
Lihat kisah Pemutaran Laut Mencari Amerta

Beberapa bangunan dan patung lainnya

Selain candi utama dan patung-patung kura-kura, garuda serta relief-relief, masih ditemukan pula beberapa patung hewan berbentuk celeng (babi hutan) dan gajah berpelana. Pada zaman dahulu para ksatria dan kaum bangsawan berwahana gajah.
Lalu ada pula bangunan berelief tapal kuda dengan dua sosok manusia di dalamnya, di sebelah kira dan kanan yang berhadapan satu sama lain. Ada yang berpendapat bahwa relief ini melambangkan rahim seorang wanita dan sosok sebelah kiri melambangkan kejahatan dan sosok sebelah kanan melambangkan kebajikan. Namun hal ini belum begitu jelas.
Kemudian ada sebuah bangunan kecil di depan candi utama yang disebut candi pewara. Di bagian tengahnya, bangunan ini berlubang dan terdapat patung kecil tanpa kepala. Patung ini oleh beberapa kalangan masih dikeramatkan sebab seringkali diberi sesajian.

Senin, 12 November 2012

Anime 'Hentai Ouji to Warawanai Neko.' akan diluncurkan April 2013



TRAILER PV:




Berdasarkan trailer yang terlihat dari AFA2012 di singapura, anime Hentai Ouji to Warawanai Neko akan diluncurkan pada Spring 2013 dan akan dilakukan oleh J.C Staff



berikut adalah staffnya:



Direktur: Suzuki Yohei (direktur episode dari Little Busters!, Zero no Tsukaima)
Komposer Series Yokote Michiko
Desain Karakter: Iizuka Haruko







Dan berikut adalah sinopsis (

Game Touhou terbaru: Touhou 13.5: Hopeless Masquerade akan diluncurkan


Link Video Youtube:







Bagi yang sudah tak asing dengan game touhou pastinya sangat merasa antusias dengan kedatangan game terbaru touhou yaitu Touhou 13.5: Hopeless Masquerade



Seperti yang terlihat di video, gaya permainan touhou kali ini ber-genre fighting seperti pada game touhou ke 10.5 dan touhou ke 12.3, hanya saja dengan grafik yang jauh lebih mantap dari game-game sebelumnya dan

Rabu, 25 Juli 2012

Light Novel 'Mondaiji tachi ga Isekai kara Kuru sodesuyo?' akan di-animasikan






Berdasarkan pengumuman dari Kadokawa Sneaker Bunko, Light Novel berjudul 'Mondaiji tachi ga Isekai kara Kuru sodesuyo?' akan mendapatkan adaptasi anime.



Sinopsis:

Sakamaki Izayoi is a 17 year old boy who is bored with life in the
ordinary world because he has a tremendous supernatural power. One day,
he is invited to an external world called "Miniature Garden" by a girl
known as Black

Film Ao no Exorcist akan tayang bulan Desember






Berdasarkan pengumuman dari website resmi film Ao no Exorcist akan tayang pada 28 desember 2012 nanti, Visual movie yang digambar oleh mangaka nya telah diposting pada website resmi nya.

Season ke 2 AKB0048 diumumkan






Berdasarkan pengumuman dari website resmi mereka, AKB0048 season 2 akan ditayangkan pada tahun 2013.

Sabtu, 21 Juli 2012

Film Hunter x Hunter akan tayang Januari 2013




Berdasarkan pernyataan Mainichi news, film Hunter x Hunter akan tayang pada 12 Januari 2013 dengan judul: "Gekijyoban Hunter x Hunter' Phantom Rouge". Ini akan menjadi cerita original dan kelihatannya berhubungan dengan peristiwa the Phantom Troupe.

Selasa, 17 Juli 2012

OVA terbaru Kami Nomi zo Shiru Sekai akan ditayangkan






Berdasarkan pengumuman yang terdapat pada cover komik volume 17, OVA terbaru Kami Nomi akan diluncurkan dimana OVA ini akan menceritakan Rute Ayukawa Tenri dan juga akan diluncurkan pada 18 Oktober bersama dengan komik volume 19.


Ayukawa Tenri:



OVA terbaru Seitokai Yakuindomo akan diluncurkan






Berdasarkan yang tertulis pada buku komik volume 7, OVA baru untuk anime nya dan akan tergabung bersama dengan volume komiknya yang ke 8 yang mana akan dirilis tahun depan.

Kamis, 12 Juli 2012

Arti dari Istilah-Istilah -dere






Berikut akan dijelaskan secara singkat istilah-istilah dari Kuudere, Dandere, Deredere, Goudere, Yandere, Tsundere.



1. Kuudere



Berasal dari kata 'kuu'/'cool', Kuudere adalah sebutan untuk karakter yang berkepribadian dingin terhadap protagonis (dan mungkin juga kepada semua orang) yang selalu berkepala dingin dalam situasi apapun, hanya sedikit menunjukkan emosi pada wajah, selalu

Rabu, 11 Juli 2012

Top 25 Anime Sains Fiksi


Para fans Anime telah memilih 25 Anime Sains Fiksi terbaik dan berikut adalah daftarnya:



1. The Melancholy of Haruhi Suzumiya





2. A Certain Magical index





3. Tiger & Bunny





4. Neon Genesis Evangelion





5. Angel Beats!





6. Infinite Stratos





7. Fullmetal Alchemist





8. Macross Frontier





9. Code Geass





10. Steins;Gate





11. Nadia The Secret of Blue Water




Selasa, 10 Juli 2012

Film terbaru Dragon Ball akan tayang pada Maret 2013






Berdasarkan pengumuman yang tertulis pada Shueisha's Weekly Shonen Jump edisi ke 33 tahun ini, bahwa film terbaru manga karangan Akira Toriyama, Dragon Ball akan tayang pada 30 Maret 2013.



Film akan diurus oleh Masahiro Hosoda (Dragon Ball Z direktur episode Nangoku Shounen Papuwa-kun) di Toei dan akan ditulis oleh Yusuke Watanabe (juga menulis untuk trilogy 20th Century Boys, Gantz dan

di kunjungi tiap hari

facebook coment

kotak pesan..

chating mini abishare21